Siap Terapkan KMA 1503, MA YAPIKA Kurnia Bekali 20 Guru Lewat Workshop Intensif
Cecep Hilmi Nurdin
12/15/20252 min read


Garut, Senin 15 Desember 2025 — Dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di madrasah, Madrasah Aliyah (MA) YAPIKA Kurnia menyelenggarakan Workshop Implementasi KMA 1503 tentang Perumusan dan Pembuatan Perangkat Pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang guru MA YAPIKA Kurnia dan dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan madrasah dalam menghadapi semester genap Tahun Pelajaran 2025/2026.
Workshop ini diselenggarakan berdasarkan himbauan Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia, yang menekankan pentingnya percepatan implementasi KMA 1503 di seluruh satuan pendidikan madrasah. Oleh karena itu, kegiatan workshop ini dilaksanakan secara mendesak namun tetap terencana, agar seluruh guru memiliki pemahaman yang sama dan mampu menerapkan kebijakan tersebut secara optimal dalam proses pembelajaran.


Kegiatan workshop dibuka secara resmi oleh Kepala Madrasah MA YAPIKA Kurnia, Cecep Hilmi Nurdin, ST., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa perubahan regulasi dalam dunia pendidikan madrasah menuntut guru untuk selalu adaptif, profesional, dan responsif. Kepala Madrasah berharap melalui workshop ini, seluruh guru dapat memahami substansi KMA 1503 secara utuh serta mampu menyusun perangkat pembelajaran yang tidak hanya sesuai regulasi, tetapi juga relevan dengan kebutuhan peserta didik.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Yayasan YAPIKA Kurnia, H. Aang Athorida, S.Pd., M.M.Pd, yang sekaligus memberikan sambutan dan arahan. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa peningkatan kualitas pembelajaran harus diawali dari perencanaan yang baik. Perangkat pembelajaran yang disusun berdasarkan KMA 1503 diharapkan dapat menjadi fondasi kuat dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, terukur, dan berorientasi pada penguatan karakter serta kompetensi peserta didik.


Setelah sesi pembukaan dan sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi inti workshop oleh Pengawas Bina MA YAPIKA Kurnia, H. Dadan Sudrajat, S.Pd., MM. Pada sesi ini, peserta mendapatkan penjelasan secara komprehensif mengenai latar belakang lahirnya KMA 1503, ruang lingkup kebijakan, serta perubahan dan penyesuaian yang perlu dilakukan dalam penyusunan perangkat pembelajaran madrasah.
Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan secara rinci mengenai struktur dan komponen perangkat pembelajaran sesuai KMA 1503, mulai dari perumusan tujuan pembelajaran, pemetaan capaian pembelajaran, penyusunan alur tujuan pembelajaran, modul ajar, hingga teknik asesmen yang selaras dengan prinsip pembelajaran madrasah. Materi disampaikan secara sistematis dan aplikatif agar mudah dipahami serta dapat langsung diterapkan oleh guru sesuai dengan mata pelajaran masing-masing.


Kegiatan workshop berlangsung secara interaktif. Para guru tidak hanya mengikuti pemaparan materi, tetapi juga aktif berdiskusi, mengajukan pertanyaan, serta berbagi pengalaman terkait tantangan dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Diskusi ini menjadi ruang refleksi bersama untuk menyamakan persepsi dan memperkuat pemahaman tentang implementasi KMA 1503 di lingkungan MA YAPIKA Kurnia.
Melalui workshop ini, diharapkan seluruh guru MA YAPIKA Kurnia mampu menyusun dan menyesuaikan perangkat pembelajaran yang digunakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2025/2026, sehingga pelaksanaan pembelajaran di kelas dapat berjalan lebih terarah, efektif, dan sesuai dengan kebijakan Kementerian Agama.
Kegiatan Workshop Implementasi KMA 1503 ini menjadi salah satu bentuk komitmen nyata MA YAPIKA Kurnia dalam meningkatkan profesionalisme guru, memperkuat tata kelola pembelajaran, serta mewujudkan layanan pendidikan madrasah yang bermutu. Dengan perencanaan pembelajaran yang baik dan sesuai regulasi, madrasah optimistis dapat terus meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran peserta didik.
